Monday 8 July 2013

Netherlands

 
Netherlands, Holland, Belanda
Netherlands, adalah sebuah negara yang mempunyai 12 provinsi. Dua provinsi diantaranya yaitu Holland Utara  (Noord Holland) dan Holland Selatan (Zuid Holland).

Holland, adalah wilayah yang berada di dalam Netherlands, ada Holland Utara  (Noord Holland) dan Holland Selatan (Zuid Holland).

Belanda, menurut sejarah, Belanda diambil dari bahasa Portugis yaitu ‘Holanda’. Lama kelamaan penyebutannya menjadi Belanda. Jadi, penyebutan Belanda itu merujuk pada kata ‘Holland’ bukan ‘Netherlands’.

Kalau begitu, bisakah saya simpulkan bahwa Holland = Belanda ≠ Netherlands???

Hmhmhm, sepertinya saya harus pergi ke sana (Netherlands) untuk mencari tau yang sebenarnya heheehh *alibi*

Letak Netherlands bisa dibilang cukup strategis karena berada di tengah-tengah Eropa. Sehingga mudah dikunjungi dan atau mengunjungi negara-negara yang dekat dengannya, seperti: Jerman, Belgia, atau Perancis. (enak dong yaa)

Tanggal 30 April, hari ulang tahun Ratu Netherlands. Pada hari itu, di kota yang telah ditentukan, Ratu beserta anggota keluarga kerajaan akan menyapa rakyat. Di segala penjuru akan ada banyak pesta musik, bendera-bendera warna orange, dan ada pula pasar kaget (pedagang / masyarakat bebas berjualan tanpa dipungut pajak). Barang-barang yang dijual adalah barang-barang bekas yang masih bagus dan layak pakai.

Polisi-polisi di Netherlands terkenal disiplin dan anti uang sogok loh. Mereka tidak hanya mengatur ketertiban pengendara kendaraan bermotor, tapi juga ketertiban pengendara sepeda.
 
Ada dua rule di sana yang menurutku menarik:
  1. Rule jalan kaki, di Netherlands kalau jalan kaki di sebelah kanan bukan di sebelah kiri (di Indonesia).
  2. Rule bersepeda. Kalau punya sepeda di Netherlands, sepedanya harus dilengkapi dengan bel sepeda dan lampu sepeda  yang menyala di malam hari. Keduanya harus berfungsi dengan baik. Seandainya sepedaan malam-malam, terus sepedanya nggak ada lampunya, siap-siap dikasih surat tilang sama polisi sepeda di sana. Polisi sepeda ini, juga akan memberi surat tilang kepada mereka yang tidak memarkir sepeda di tempat parkir khusus sepeda atau parkir di sembarang tempat.

Mengikuti Ujian Integrasi Warga  dan Inburgeringcursus
Kalau lama kunjungan ke Netherlands kurang dari sama dengan 3 bulan, yang kita butuhkan adalah VKV (Visum Kort Verblijf) atau Visa Kunjungan Singkat. Kalau lebih dari 3 bulan, membutuhkan MVV (Machtiging tot Voorlopig Verblijf) atau Izin Tinggal Sementara. Salah satu persyaratan untuk mendapatkan MVV adalah bukti telah lulus Ujian Integrasi di Kedutaan di negara asal. Ujian Integrasi Warga dilakukan sebelum keberangkatan ke Netherlands di Kedutaan Besar Belanda di negara tempat kita tinggal. Kalau tinggalnya di Indonesia, berarti di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta. Ujian ini menguji pengetahuan dasar bahasa dan kehidupan masyarakat Belanda. Dan yang boleh mengikuti ujian ini  harus berusia 18-65 tahun. Ujian yang dilakukan di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta  terbagi ke dalam 3 bagian ujian:
  1. pengetahuan tentang kehidupan masyarakat Belanda,
  2. pengetahuan bahasa belanda,
  3. kemampuan  mengerti (huruf per hurufnya) dan membaca bahasa Belanda.
Jika lulus ujian, maka akan mendapat surat pernyataan lulus. Surat ini digunakan untuk memulai pemrosesan MVV. Jika MVV disetujui, kita tinggal terbang kesana.

Di Belanda telah ditetapkan sistem integrasi baru untuk pendatang baru maupun pendatang lama di Belanda diwajibkan mengikuti Inburgeringcursus (kursus integrasi). Untuk lebih jelasnya, lihat disini.

Jadi, apa tujuan Anda datang ke Netherlands? Berapa lama Anda akan berada di sana? Itulah yang menentukan prosedur seperti apa yang akan Anda jalani sebelum dan setelah berada di sana ;).
 
Source:

No comments:

Post a Comment